Apa Model Pintu Geser Baru Toyota di Indonesia?

Produksi lokal Power Sliding Door (PSD) pada MPV Sienta membuka petunjuk lebih banyak model pintu geser yang bakal dirakit di Indonesia. Kemungkinan model baru itu tidak datang dalam jangka waktu dekat, namun rencananya sudah terpikirkan seperti Sienta untuk Indonesia yang sudah dikembangkan sejak 2011.

Direktur Teknik Yui Hastoro Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (25/7/2016), mengatakan, jika nanti ada produk baru lain dengan pintu geser dari Toyota harapannya juga bisa dilokalkan.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Satu unit Toyota Sienta selesai diproduksi selama 169 detik.
Dia tidak mau berbicara banyak model pintu geser baru . Namun dikatakan merakit lokal pintu geser bisa saja jika diperlukan memandang kedalaman rakitan lokal dan poin pentingnya lainnya yaitu butuh “volume produksi”.
TMMIN adalah pelopor produksi sistem pintu geser di Indonesia. Pemasok komponennya yakni Aisin Indonesia, perusahaan kolaborasi Astra Otoparts dan Aisin Seiki Co. Ltd (Jepang). Aisin Indonesia bertanggung jawab menyuplai buat produksi 4.000 unit per bulan Sienta.

Febri Ardani/KompasOtomotif
Power Sliding Door (PSD) SIenta diproduksi Aisin Indonesia.
Model apa?
Jika saja ada model pintu geser baru dari Toyota, buat mendapat volume produksi tentu wujudnya yang disukai banyak masyarakat. Rujukannya sudah pasti ke MPV 7-penumpang seperti Sienta.

Sebelum Sienta, MPV pintu geser pertama yang dirakit di Indonesia adalah NAV1. Namun seperti kita sudah ketahui, penjualan NAV1 yang selalu di bawah 50 unit per bulan (Januari – Juni 2016) bukan ciri-ciri “volume produksi”. Jadi rasanya membuat pintu geser NAV1 dirakit lokal tidak akan dilakukan.

Cerita yang sama juga bisa terjadi pada Alphard/Vellfire, penjualan model impor ini memang lebih tinggi dari NAV1 sekitar 150 unit per bulan. Akan tetapi itu masih di bawah produksi Sienta.

Sedikit rumors yang beredar dari TMMIN, rancangan generasi terbaru Kijang Innova sempat didesain menggunakan pintu geser. Namun hal itu urung dilakukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s