Sederet Teknologi MotoGP Tersedia pada CBR250RR

Honda CBR250RR diluncurkan dengan mengusung sejumlah teknologi canggih dan modern. Bahkan PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen mengklaim bahwa semua bekal yang diberikan berada satu level di atas para pesaing.

Sebenarnya, paling ditunggu adalah besaran torsi dan tenaga. Namun, AHM masih menyembunyikannya, tunggu semua fix dan siap diumumkan. Tapi yang jelas, mesin baru akan lebih canggih, 249,7 cc DOHC 2-silinder paralel menggunakan 8-katup berpendingin cairan plus kipas.

Demi membuat mesin yang sangat ringkas, banyak teknologi diterapkan seperti meletakkan primary driver gear ke dalam cam chain. Pompa oli ada di sisi kanan terintegrasi dengan mesin. Selebihnya, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan pompa air di kepala silinder seperti yang diterapkan RC213V.

Lebar mesin baru ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan. Bagian penting lain di layout power unit yaitu downdraft air intake. Air cleaner dipindahkan dari posisi yang biasanya di belakang silinder menjadi di atas silinder.

Resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang kompak, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot.

Jok pengendara diperkecil pada bagian depan, memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.

Electrical dam Sistem kontrol
Ini yang juga canggih. Demi menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, diimplementasikan teknologi throttle-by-wire atau dikenal TBW. All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan TBW, menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan pada RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi TBW, dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan dengan nyaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s